Home » » Getaran pada Bearing / Bantalan

Getaran pada Bearing / Bantalan

Written By Unknown on Tuesday, July 9, 2013 | Tuesday, July 09, 2013


            Getaran adalah representasi dari osilasi mekanik pada titik equilibrium. Pada umumnya getaran tidaklah diinginkan karena dapat melemahkan daya maupun menimbulkan suara yang tidak diinginkan seperti noise.

            Pada suatu peralatan/mesin dapat dipastikan bahwa terdapat banyak komponen yang bergerak baik dalam bentuk gerakan angular maupun gerakan linear. Gerakan relative antar komponen mesin akan menimbulkan gesekan, dimana gesekan ini dapat menurunkan efisiensi mesin, meningkatnya temperatur, keausan, dan berbagai efek negatif lainya. Gesekan antara komponen mesin tersebut dapat diminimalkan dengan menggunakan bantalan atau bearing. Terdapat dua jenis mekanisme yang digunakanbantalan dalam mengatasi gesekan yaitu mekanisme sliding dan mekanisme rolling. Untuk mekanisme sliding, dimana terjadi gerakan relatif antar permukaan, maka penggunaan pelumas memegang peranan yang sangat penting. Sedangkan mekanisme rolling, dimana tidak boleh terjadi gerakan relatif antara pemukaan yang berkontak, peran pelumas lebih kecil. Bentuk pelumas dapat berupa gas, cair maupun padat.

            Pada pemakaian kendaraan bermotor kita tidak lepas oleh yang namanya bearing/bantalan karena bearing ini merupakan suatu benda yang dibuat untuk membantu kinerja komponen pada kendaraan bermotor seperti pada roda, crankshaft dan lain – lain. Oleh karena itu pada bearing teramat penting untuk mengetahui keandalannya, sehingga dapat mendukung kinerja komponen pada kendaraan bermotor secara maksimal. Keandalan dapat didefinisikan suatu kemampuan sebuah alat untuk melaksanakan suatu fungsi yang diperlukan (tanpa kegagalan) dalam keadaan yang ditentukan untuk suatu jangka waktu yang ditentukan.


            Bearing/bantalan adalah elemen mesin yang menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak – balik dari elemen yang berhubungan dengan poros dapat ditransmisikan dan berlangsung halus, aman, dan panjang umur. Bantalan harus cukup kokoh untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Jika bantalan tidak berfungsi dengan baik maka prestasi seluruh sistem akan menurun atau tidak dapat bekerja secara semestinya. Jadi, bantalan dalam permesinan dapat disamakan peranannya dengan pondasi pada gedung.

            Kerusakan dapat terjadi pada awal pemakaian yang disebabkan karena kesalahan disain, produksi, dan instalasi, atau pada masa pakainya yang terjadi secara acak, atau karena umurnya maka menjadi usang, aus, dan lelah. Variable yang terpenting yang berkaitan dengan keandalan adalah waktu, terutama yang berkaitan dengan laju kerusakan (failure rate) yang dapat menjelaskan mengenai fenomena keandalan suatu sistem.

            Pemantauan getaran (vibrasi) secara berkala merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengetahui kondisi suatu penentuan mesin berdasarkan karakteristik rekaman getarannya, terutama pada saat awal pemasangannya. Perubahan tingkat getaran selalu berhubungan dengan perubahan kondisi mesin. Getaran yang berlebihan pada dasarnya disebabkan oleh 4 (empat) hal yaitu :
1.      Ikatan bagian-bagian mesin yang mengendor.
2.      Bagian-bagian mesin yang tidak sesuai.
3.      Bagian-bagian mesin yang berputar tidak bebas.
4.      Hambatan pada dudukan sumbu putar bantalan.
.
            Sistem deteksi getaran untuk menganalisa gejala mechanical looseness menggunakan suatu alat yang terdiri dari sistem pendeteksi getaran, proses pengambilan dan pemrosesan data serta klasifikasi data getaran menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. Sistem deteksi getaran yang digunakan dalam penelitian ini diperlihatkan pada gambar berikut:


            Pengukuran getaran pada suatu mesin secara normal diambil pada bearing dari mesin tersebut. Tranduser sebaiknya harus ditempatkan sedekat mungkin dengan bearing mesin karena melalui bearing tersebut gaya getaran dari mesin ditransmisikan. Gerakan bearing adalah merupakan hasil reaksi gaya dari mesin tersebut.

            Disamping karakteristik getaran seperti: Amplitudo, frekuensi dan phase, ada karakteistik lain dari getaran yang juga mempunyai arti yang sangat penting yaitu arah dari gerakan getaran, hingga perlu bagi kita untuk mengukur getaran dari berbagai arah. Pengalaman menunjukkan bahwa ada tiga arah pengukuran yang sangat penting yaitu horizontal, vertikal, dan axial. Arah horizontal dan vertikal bearing disebut dengan arah radial. Arah pengukuran ini biasanya didasarkan pada posisi sumbu tranduser terhadap sumbu putaran dari shaft mesin. Arah ini juga sangat penting artinya dalam analisa suatu getaran.

            Dalam membicarakan getaran kita harus mengetahui batasan - batasan level getaran yang menunjukkan kondisi suatu mesin, apakah mesin tersebut masih baik (layak beroperasi) ataukah mesin tersebut sudah mengalami suatu masalah sehingga memerlukan perbaikan. Dalam hal ini disajikan beberapa macam standard mengenai batasan-batasan level getaran yang umum digunakan


TUJUAN PENGUKURAN GETARAN
Pada saat dilakukan pengukuran getaran suatu mesin, maka akan timbul suatu pertanyaan,untuk apa sebenarnya dilakukan pengukuran tersebut. Dalam suatu pengukuran jelas bahwa tujuannya adalah untuk mendapatkan data, tetapi selanjutnya untuk apa data tersebut diambil. Ada beberapa tujuan pengambilan data getaran suatu mesin, tujuan tersebut adalah :
- Pengukuran rutin
- Pengukuran referensi (Baseline Measurement)
- Pengukuran sebelum dan sesudah perbaikan

- Trouble Shooting
Bagikan ke:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan jika sempat saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan Anda tidak berkomentar dengan menggunakan kata-kata kasar, sara, p*rn* dan lain-lain.
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Jika perlu sebarluaskan artikel dengan cara klik tombol SHARE di atas.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Post a Comment

 
Copyright © 2012 - 2015 Renviletieft Blog - All Rights Reserved
Template Craeted by : RenvileTieft Blog
Proudly Powered by Blogger