Home » , » Cara Mengetahui IQ Anda dengan Software IQ (Download Software Test IQ)

Cara Mengetahui IQ Anda dengan Software IQ (Download Software Test IQ)

Written By Unknown on Sunday, February 24, 2013 | Sunday, February 24, 2013



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu software yang bisa mengukur dan bahkan mengembangkankemampuan yang ada pada diri kita, khususnya kondisipsikological kita. Software ini diberi nama Test IQ.


Kecerdasan atau yang biasa dikenal dengan IQ (bahasa Inggris: intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.


Klasifikasi IQ:



Klasifikasi IQ berbeda untuk setiap metode test yang digunakan. Stanford-Binet mengklasifikasikan nilai IQ normal yang berkisar diantara 85 – 115. Lewis Terman mengklasifikasikan nilai IQ normal pada kisaran 90 – 109. Lebih jauh lagi, Wechsler mengklasifikasikan IQ normal pada angka 100 dengan nilai toleransi 15 (berarti 85 – 115). Dikarenakan perbedaan ini, maka selain nilai IQ yang didapat, harus diperhatikan pula metode test apa yang digunakan.
Untuk klasifikasi umum, saat kita tidak mengetahui metode apa yang digunakan. Bisa menggunakan klasifikasi dibawah ini (hasil kompromi ketiga metode diatas).
  • 70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental.
  • 80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
  • 91 – 110 : Tingkat IQ normal atau rata-rata
  • 111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
  • 120 – 130 : Tingkat IQ superior
  • 131 atau lebih : Tingkat IQ sangat superior atau jenius.


Bila Anda penasaran dengan seberapa tinggi IQ Anda, silakan download software test IQ berikut.


Software yang satu ini digunakan untuk menghitung seberapa besar IQ yang Anda miliki. Bentuk tesnya hampir mirip dengan tes IQ pada umumnya. Pada akhir tes, software ini akan menampilkan hasil tes IQ Anda dalam berbagai standar deviasi disertai dengan parameter yang menunjukkan apakah Anda memiliki IQ rata-rata, tinggi (high), atau jenius.


Software ini dikemas dalam macromedia flash berformat *.exe (executable format), sehingga mudah dalam penggunaannya yakni dengan hanya kllik dua kali atau membukanya secara langsung tanpa meng-instal terlebih dahulu atau sering dikenal dengan software portable seperti halnya dengan aplikasi yang dibuat dengan macromedia lainnya. 


IQ pada dasarnya merupakan singkatan dari Intelligence Quotient yang berarti ukuran kecerdasanseseorang. Kecerdasan ialah istilah yang sangat umum untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, menganalisis dan kemampuan untuk belajar .Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Sebenarnya IQ juga dapat dipengaruhi oleh tingkatan umur seseorang. Nah setelah kita baca uraian diatas kita tahu kan apa sebenarnya yang dimaksud dengan IQ itu sendiri,  IQ sangat erat dikaitkan dengan tingkat kecerdasan seseorang, jika ada sesorang yang agak kurang dalam hal prestasi, atau seringkali melakukan kesalahan yang berulang sering kita memvonis bahwa orang tersebut ber-IQ rendah kan? Lalu bagaimana sih sebenarnya kita mengukur IQ seseorang itu?


Ada cara nya kok, kalo dulu mungkin anda pernah mengikuti test IQ di sekolahan anda, di universitas, di sebuah lembaga atau lain sebagainya seperti itulah cara untuk mengukur IQ anda tersebut. Anda diminta mengerjakan soal dan nanti anda tinggal mendapatkan hasilnya, untuk kriteria penilaian test IQ sendiri saya kurang jelas, tapi yang jelas butuh waktu yang agak lama untuk memperoleh hasilnya kan?. Tapi sekarang anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena semakin berkembangnya jaman, sampe-sampe ada juga nih software gratis untuk mengukur kecerdasan anda. tapi software ini sifatnya cuma untuk mengetahui kemampuan anda saja loh, bukan untuk hal-hal yang sifatnya resmi. 

Anda hanya perlu menjawab pertanyaan dengan cara mengeklik pilihan yang ada dibawahnya. jika semua soal sudah anda kerjakan, klik submit yang bisa anda lihat setelah mengeklik tombol Menu.
Bagi yang berminat, silakan software Test IQ ini bisa didownload secara gratis
Silakan download software ini gratis disini.
atau
Software tes IQ yang lain, download disini.

atau

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Belajar bahasa Inggris dengan Software TOEFL
Bagikan ke:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan jika sempat saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan Anda tidak berkomentar dengan menggunakan kata-kata kasar, sara, p*rn* dan lain-lain.
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Jika perlu sebarluaskan artikel dengan cara klik tombol SHARE di atas.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Post a Comment

 
Copyright © 2012 - 2015 Renviletieft Blog - All Rights Reserved
Template Craeted by : RenvileTieft Blog
Proudly Powered by Blogger