Home » » Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Written By Unknown on Friday, January 18, 2013 | Friday, January 18, 2013



Tips merawat baterai laptop agar bisa bertahan lama dalam menyimpan aliran listrik. Sudah sangat umum penyakit yang satu ini melanda pengguna laptop maupun netbook, yaitu baterai yang lama-kelamaan menjadi aus alias drops sehingga dalam menyimpan aliran listrik tidak seperti awal lagi. Dari awal pembelian laptop atau netbook entah berapa cell didalam baterainya, pasti sedikit-sedikit akan berkurang daya tampung listriknya. Namun jelas kita tidak mau jika baru berumur jagung laptop/netbook kita sudah wafat jika tidak dicolokkan ke listrik alias baterainya yang sudah drop. Berbekal bincang-bincang dengan sahabat yang baterainya tetap awet, berikut ada tips untuk menghindari drop nya baterai laptop.
Usahakan Laptop Tetap Dingin
Maksudnya buatlah sebisa mungkin laptop kita berada dikeadaan tetap dingin saat dipakai, bukan berarti kita harus berada ditempat yang ber AC saat browsing atau mengetik tugas, tapi gunakan alat-alat yang sekarang dijual murah dipasaran seperti Cooling Fan atau sering disebut Cooling Pad untuk bawahan laptop
Tips merawat baterai laptop
Alat ini banyak sekali dipasaran negara kita baik yang harganya paling murah (sekitar 20ribuan) sampai versi besi yang harganya bisa ratusan ribu hanya untuk sebuah kipas bawahan laptop. Dengan cooler fan, angin panas yang berada dilaptop akan dibuang dengan mengalirkan udara baru yang dingin sehingga komponen seperti baterai juga ikut menjadi dingin. Sehingga mencegah baterai menjadi aus karena kepanasan.
TIPS
Ada 2 jenis Cooler fan, yaitu yang mengalirkan angin (angin dipaksa masuk lewat celah bawah laptop) dan ada juga yang menarik udara yang ada didalam (kipasnya bukan mengeluarkan angin tapi menyedot angin dari dalam laptop). Pilihlah type yang menyedot udara dari dalam laptop, karena ini lebih efektif untuk membuat komponen didalam laptop dingin. Sedangkan yang mengalirkan udara hanya membuat udara panas dr dalam tetap didalam (walaupun kebuang sedikit demi sedikit).
Copot Baterai Saat Diperlukan
Cara ini cara yang paling penting dalam menjaga agar baterai tetap awet karena biasanya karusakan baterai terjadi karena membiarkan baterai tetap terpasang disaat yang seharusnya dilepas. Kapankah itu?
Nonton Film Berresolusi Tinggi : Saat menonton movie berresolusi tinggi (misal 720 atau 1080) lebih baik lepas baterai karena pada saat ini laptop kita sangat bekerja keras untuk menampilkannya (terutama VGA). Saat komponen lain bekerja keras, membuat udara panas yang lebih didalam dan mempengaruhi komponen lain termasuk baterai.
Rebuilding/Downloading : Kedua proses ini sering kita lakukan terutama yang hobynya download file dengan ukuran besar dan menggunakan Download Manager seperti IDMyang mengharuskan kita rebuilding setelah selesai mendownload. Saat proses ini semua komponen akan ikut bekerja keras karena rebuilding membutuhkan resource yang maksimal untuk menyatukan file2 download yang masih pecah2.
Main Game Beresolusi Tinggi : Alasannya hampir sama dengan menonton film, saat bermain game dengan spesifikasi tinggi, komponen agar bekerja keras dan mengakibatkan laptop panas. Pada saat seperti ini lebih baik baterai ikut dilepas.
INFO Tambahan
Apakah bahaya jika kita terus mencolokkan (memasang) charger kita saat menggunakan laptop? Hal ini tidak masalah karena memang laptop dirancang untuk menerima listrik dari charger jika memang baterai telah penuh. Namun ada baiknya kita lebih berhati-hati dan mau sedikit repot agar baterai laptop yang kita pakai lebih awet dan tidak mudah rusak karena drop.
Sekian tips ini dibuat, tips ini murni hasil observasi pribadi dengan teman, jadi mungkin ada sedikit banyak kesalahan didalamnya
Bagikan ke:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan jika sempat saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan Anda tidak berkomentar dengan menggunakan kata-kata kasar, sara, p*rn* dan lain-lain.
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Jika perlu sebarluaskan artikel dengan cara klik tombol SHARE di atas.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Post a Comment

 
Copyright © 2012 - 2015 Renviletieft Blog - All Rights Reserved
Template Craeted by : RenvileTieft Blog
Proudly Powered by Blogger